Lumbung padi,bukan lumbung jea


Kearifan masyarakat berupa lumbung padi di sebuah desa sangat efektif dalam mencegah kemiskinan karena fungsi jaring sosial berdasarkan partisipasi warga. Hal serupa yang  digalakkan masyarakat Tambunan dengan konversi beras menjadi uang,setiap masyarakat Tambunan wajib memberikan 2 kaleng padi perpanenya,tidak  tahu apakah saat ini berjalan  aktife atau tidak.

tetapi masyarakat lain mengatakan bahwa lumbung padi itu bukan untuk kepentingan masyarakat yang lemah,disinyalir untuk membiayai kejahatan yang di lakukan masyarakat Tambunan di desa lain,setelah merasa ada korbannya ,tokoh masyrakat Tambunan segera  menyuruh pelaku segera pergi  melarikan diri dengan biaya dari lumbung Padi tersebut.tidak tahu  pasti itu bisa di percaya atau tidak.

tapi pada kontex sosialnya bagi marga Tambunan yang ada di perantauan ,ini menjadi bumerang,tak jarang setiap berkenalan dengan marga batak yang lainnya,mereka selalu mengatakan “akka pareman do Tambunan”,untuk meredam suasana,kita mengatakan itu dulu,saya bukan preman(jagoan) tapi saya Pemain.

tidak sedikit marga lain  dendam dengan Marga Tambunan,tak jarang perkelahian terjadi akibat dendamnya yang mungkin tertanam di hatinya,padahal kita baru kenal.kita tidak mengetahui apa yang telah di perbuat Tambunan kepadanya.sehingga dia begitu bersemangat untuk anarkis dengan kita.

Pada pemantuan saat ini di desa Tambunan,sudah tidak di temukan lagi yang seperti yang di katakan mereka,desa Tambunan sudah mulai memasuki zaman tecnologi modren,bisa di buktikan saat ini,bahwa anak muda Tambunan tidak lagi mencari gara-gara,mereka lebih banyak menghabiskan waktu di internet login face book.

Sebab untuk dekade memasuki tahun 2000,sudah tidak ada yang bermasalahkan marga Tambunan yang jago kampungan,trimakasih buat generasi muda yang bermkim saat ini di Bona pasogit.

No Drug,No Gengster. No rasta.No crims,Tambunan Goooo…

by Ab Tambunan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s