SEMARAK BATAM 182 TAHUN

Visual BATAM – Kota Batam resmi berumur 182 pada Minggu (18/12). Memperingati Hari jadi Batam, berbagai rangkaian acara digelar mulai dari rapat paripurna, ziarah di makam zuriat Nong Isa dan malam anugerah Batam Madani.

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin oleh Ketua DPRD Batam, Surya Sardi. Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Kota Batam ke- 182 itu juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Rudi, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, ketua BP kawasan Batam, Mustofa Wijaya, anggota DPD RI dapil Kepri serta mantan Walikota dan Wakil Walikota Batam.
Dalam paparannya, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi mengatakan peringatan Hari Jadi Bata mini diharapkan menjadi momentum bagi semua masyarakat untuk turut berperan serta dalam meningkatkan harkat dan martabat masyarakat Batam kedepan menjadi lebih baik. Pembangunan Batam saat ini merupakan perjalanan sebuah negeri yang telah berproses panjang.
Dengan pembangunan di segala bidang, Batam akan memiliki masyarakat yang sejahtera, generasi muda yang sehat, berbudayam agamis dan berakhlak mulia. Masyarakat tersebut dalam menghadapi masalah selalu dihadapi dengan sopan santun dan beradab serta mengedepankan musyawarah untuk mencapai suatu keputusan.
Tak dapat dipungkiri, gejolak dinamika sosial senantiasa hadir dalam kehidupan bermasyarakat. Benturan antara sesame masyarakat, jejolak antara pekerja dan pengusaha yang terjadi bebberapa saat lalu menjadi pelajaran untuk seluruh pemangku kepentingan. Komunikasi dan saling menhhargai harus dijunjung tinggi dengan mengedepankan kesetaraan harkat dan martabat manusia. Pembangunan Batam akan optimal apabila seluruh masyarakat bekerja sama dengan baik dalam berkontribusi untuk kemajuan bangsa
Sejarah bangsa telah menunjukkan, Kesultanan Riau pernah tumbuh dengan pesat. Kini, saatnya untuk membangkitkan kembali masa kegemilangan tersebut. Masyarakat Batam harus optimis berjuang dan meeujudkan Batam lebih baik.
Walikota Batam juga menyampaikan sambutannya. Dalam paparannya, Dahlan menyampaikan bahwa Kota pembangunan Kota Batam senantiasa menuju arah yang lebih baik. Hal ini ditandai dengan Indeks Pembangunan manusia, pendapatan domestic regional bruto serta perkembangan investasi yang terus meningkat. Selain itu, Batam yang sejak awal didisain sebagai tempat tujuan wisata, kini terus menunjukkan perannya dalam memberikan kontribusi dan pemasukan devisa Negara.
Kendati aspek-aspek tersebut memperlihatkan kecenderungan yang menggembirakan, namun juga ada beberapa masalah yang harus dipikirkan bersama. Hal-hal seperti pertumbuhan penduduk yang tinggi dapa berimplikasi negative terhadap kesempatan kerja, daya dukung lahan, ketersediaan pasokan listrik air bersih, quota BBM, perumahan, kesehatan, pendidikan serta daya dukung sarana dan prasaranan perkotaan lainnya. Disisi lain, pertumbuhan penduduk dapat memberikan dampak bagi peningkatan angka pengangguran, peningkatan gangguan kamtibmas dan keragaman tingkat kriminalitas.
Wakil Gubernur Kepri, Soerya Respationo berpesan agar para pemimpin Batam harus mengedepankan komunikasi dengan masyarakat. Hal ini supaya tidak terjadi saling menyalahkan dan lempar tanggung jawab.
Soeryo juga meminta Pemko Batam dan BP Kawasan Batam difasilitasi DPRD Kota Batam menyatukan persamaan dalam pembangunan Batam. Kemudian, jurang pemisah perbedaan hendaknya diselesaikan dengan cara yang santun.
Setelah Rapat Paripurna, dilanjutkan dengan ziarah dan doa bersama di makam zuirai Nong Isa di Nongsa. Selain memanjatkan doa, juga dilakukan pembungkusan kain kuning pada batu nisan zuriyat Raja Isa, tabur bunga dan menyiram makam. Pembungkusan kain kuning, tabur bunga dan penyiraman.
Pada mala harniya, digelar malam anugerah Batam Madani di Lapangan Engku Puteri Batam Center. Acara ini sebagai bentuk apresiasi Pemko batam kepada tokoh-tokoh yang telah memberi warna dalam pembagunan Batam. Biografi tokoh-tokoh penerima Anugrah Batam Madani tahun ini dikemas dalam tayangan menarik yang mengupas profil, sejarah dan dedikasi tokoh penerima Anugrah Batam Madani.
Kegiatan Malam Agugerah Batam Madani juga diselaraskan dengan pembukaan pagelaran Kenduri Seni Melayu ke 13 yang ditaja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam. Berbagai penampilan hiburan dan tradisi melayu akan di tampilkan pada acara tersebut.(HumasP.Btm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s