HUT KEPOLISIAN PERAIRAN DAN UDARA KE – 61

Visual Batam,-Pada hari ini Senin tanggal  05 Desember 2011 pukul 12.00 Wib, Kabid Humas Polda Kepri Akbp Hartono, SH diruang kerjanya menerangkan tentang Hari Ulang Tahun Kepolisian Perairan dan Udara Ke – 61 Tahun 2011Kepri sebagai berikut :

Pada hari ini Senin tanggal 05 Desember 2011 pukul 08.00 s/d 10.00 wib dilaksanakannya Acara Syukuran dalam rangka menyambut Hut Kepolisian Perairan dan Udara Ke – 61 Tahun 2011 di Mako Dit Polair Polda kepri. Dipimpin langsung oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. R Budi Winarso dan dihadiri oleh Para Pejabat Utama Polda kepri serta seluruh Anggota Polda Kepri.
  Kata sambutan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi    Drs. Timur Pradopo pada Pembukaan Acara Syukuran dalam rangka memperingati Hut Polair yang ke – 61 tahun 2011 yang dibacakan oleh Kapolda Kepri Brigjen Pol. Drs. R Budi Winarso, yang menjelaskan bahwa Kepolisian Perairan dan Udara merupakan salah satu kesatuan dilingkungan Polri yang memiliki Karakteristik Khusus, yang dengan menggunakan peralatan Khusus seperti Kapal Laut, Pesawat Udara, Helikopter dan Sarana Pendukung lainnya. Diharapkan dapat memelihara keamanan dan ketertiban masyakat dalam menegakan Hukum di wilayah Perairan dan Udara di Negara Kesatuan Republik Indonesia ( NKRI ).  Walaupun sarana dan prasarana terbatas dan tidak sebanding dengan cakupan wilayah tugas di Indonesia sebagai Negara Kepulauan yang sangat luas, diharapkan dengan Keahlian Khusus yang dimiliki oleh setiap Anggota Kepolisian Perairan dan Udara dapat mengawaki Peralatan Khusus dengan Teknologi yang bernilai tinggi secara Bijak, Efekti dan Efisien.
Kita patut berbangga hati, karena kepolisian Perairan dan Udara melalui kerja keras dan tekad semangat pengabdian yang tinggi telah menampilkan peran dengan prestasi yang cukup membanggakan, baik pada kegiatan rutin maupun Operasi Kepolisian yang telah digelar di Perairan Yuridikasi Nasional Indonesia, guna menanggulangi segala bentuk kejahatan dan pelanggaran di laut terutama Kejahatan Illegal Fishing, Illegal Logging, Illegal Traficking dan People Smuggling serta Illegal Oil / BBM pengguna Transportasi laut seperti yang terjadi di sepanjang Selat Malaka, Selat Philip, Perairan Natuna, Perairan di Wilayah Kalimantan Timur, Perairan Maluku dan Perairan Papua yang banyak digunakan oleh Kapal Berbendera Asing. Adapun hasil pelaksanaan Operasi tersebut cukup besar, yaitu dalam kurun waktu Bulan Januari s/d Oktober 2011 berhasil menggungkap Kasus Illegal Logging sebanyak 28 Kasus, Illegal Fishing sebanyak 103 Kasus, Illegal Oil / BBM sebayak 28 Kasus, Illegal Minning sebanyak 3 Kasus, Pelayaran sebanyak 128 Kasus, Kepabean sebanyak 16 Kasus, Handak sebanyak 5 Kasus dan Lingkungan hidup sebanyak 5 Kasus. 
Keberhasilan keberhasilan tersebut menunjukan bahwa besarnya tekad Polri untuk tetap Konsisten dalam menunaikan tugas gangguan KAMTIBMAS yang terjadi di Tanah Air melalui media Laut dan Udara. Disamping pelaksanan tugas tersebut penanganan kecelakaan di Laut yang masih terjadi menduduki Ranking tertinggi dari angka Gangguan Kamtibmas di perairan maupun penangganan terhadap Bencana alam yang belakangan ini kerap terjadi, merupakan bagian tugas yang sangat penting bagi Kepolisian Perairan dan Udara, untuk itu diharapkan kepada seluruh jajaran Kepolisian Perairan dan Udara agar lebih Insentif lagi di dalam melaksanakan Tugas dan Bimbingan serta Penertiban terhadap Masyarakat pengguna Jasa Laut dan Pembinaan Potensi Kedirgantaraan lainnya.
Tema pada Peringatan Hut Kepolisian Perairan dan Udara Ke – 61 Tahun 2011 ini mengangkat tema ” DENGAN SEMANGAT KEMITRAAN KITA MANTAPKAN REVITALISASI KEPOLISIAN PERAIRAN DAN UDARA GUNA MEWUJUDKAN SINERGITAS DAN PELAYANAN PRIMA “. Tema tersebut tentunya mencerminkan tekad dari jajaran Kepolisian Perairan dan Udara untuk senantiasa siap dan mampu memenuhi tuntutan tugas yang di hadapi, serta membina Keterpaduan dengan Fungsi – fungsi lain dan Instansi terkait agar tercapai hasil Pelaksanaan tugas yang Optimal.
Kapolri memberikan beberapa penekanan dalam peringatan Hut Kepolisian Perairan dan Udara ke 61 Tahun 2011 sebagai berikut :
1.      Tingkatkan Keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
2.      Junjung tinggi Kode Etik Polri.
3.      Tegakkan Hukum secara Profesional, Proporsional, Objektif, Transparan, dan Akuntabel.
4.      Sebagai Operator peralatan khusus Polri, setiap anggota harus senantiasa memelihara kedisiplinan dan memiliki Dedikasi yang tinggi.
5.      Laksanakan Program Revitalisasi Polri di lingkungan Dit Polair dan Dit Pol Udara secara Kontinue dan terukur.
6.      Tingkatkan kecintaan dan kebanggan sebagai Anggota Polri.
7.      Pemilu 2014 sudah semakin dekat, persiapkan mental, Fisik dan Sarana Prasarana yang dimiliki.(press realess polda Kepri)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s